Waspada Makanan Enak dan Lezat

0
366
Burger
Wagyu Steak
Wagyu Steak

Wagyu Steak? Burger? Cheese cake? Red velvet? Frapuccino? Mmm terdengar menggiurkan bukan? Rasanya   sangat menyenangkan jika kita bisa menyantap makanan-makanan tersebut, apalagi kalau diberikan secara gratis :p

Apakah anda termasuk salah satu penggemar makanan di atas? Mengalami obesitas? Atau mempunyai anggota keluarga yang menderita diabetes? Inilah saatnya anda buka mata dan waspada.

Mocha Frappucinno
Mocha Frappucinno

Makanan-makanan yang mengandung banyak gula, lemak, minyak, serta keturunan dapat meningkatkan resiko anda untuk terkena diabetes. Diabetes tentunya tidak asing terdengar di telinga anda, ini merupakan penyakit dimana kadar gula di dalam darah menjadi terlalu tinggi. Akibat dari kadar gula yang tinggi tersebut dapat merusak banyak organ di tubuh anda dan paling fatal juga dapat menjadi racun yang mematikan untuk anda.

Bagaimana mengenali gejala diabetes? Perhatikan hal-hal dibawah ini :

  • Muncul rasa haus terus-menerus dan cepat merasa lapar
  • Sering buang air kecil dalam jumlah yang banyak
  • Cepat lelah tanpa sebab dan mudah mengantuk
  • Badan terasa panas disertai kulit sering gatal-gatal
  • Sering kesemutan
  • Penglihatan kabur/sering ganti kacamata
  • Gatal di daerah kemaluan (terutama wanita)
  • Kemampuan seksual menurun
Red Velvet Cake
Red Velvet Cake

Jika anda memiliki gejala-gejala di atas maka waspadalah dan segera periksakan kadar gula darah anda ke dokter. Jika anda memeriksakan kadar gula anda perlu diperhatikan jenis pemeriksaan yang anda lakukan. Gula darah dapat diketahui dengan pemeriksaan GDS (Gula Darah Sewaktu), GDP (Gula Darah Puasa), dan HbA1C (pemeriksaan jangka panjang). GDS dapat anda periksa kapanpun namun nilai yang hanya bisa menjadi alarm bukan diagnosa pasti. GDP adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan puasa selama 8-12 jam terlebih dahulu. Nilai-nilai normal pada GDP/GDS tergantung dari lab mana yang anda datangi, karena setiap lab mempunyai standard normal yang berbeda. Pada umumnya GDS berkisar 70-200mg/dL sedangkan GDP berkisar 70-110mg/dL.

Burger
Burger

HbA1c adalah pemeriksaan kadar gula yang tinggal dalam tubuh selama 3 bulan, pemeriksaan ini biasa dilakukan untuk mengontrol mereka yang sudah terkena diabetes. Pada keadaan normal nilai ini harus bisa dibawah 5%. Pemeriksaan ini juga dapat dilakukan jika hasil GDP/GDS nya meragukan, artinya didapatkan bahwa nilai GDP/GDS normal tetapi memiliki gejala diabetes. Maka untuk memastikan dilihat nilai HbA1c ini.

Mencegah diabetes sangatlah mudah, anda hanya perlu mengontrol berat badan dan memiliki pola hidup sehat. Jagalah diri anda dari obesitas dengan melihat nilai IMT (Indeks Massa Tubuh) anda saat ini. Anda dapat menghitungnya dengan cara IMT = BB(kg)/{TB(m)}2. Secara general IMT untuk perempuan berkisar di 19-24 dan laki-laki 20-25. Jika IMT anda melebihi nilai tersebut maka anda perlu mengurangi berat badan anda segera.

Strawberry Cheese Cake
Strawberry Cheese Cake

Anda juga perlu memperhatikan jenis dan jumlah makanan yang anda makan. Pilihlah makanan yang berserat tinggi dan rendah gula. Kurangi minyak dan makanan yang berlemak. Hindari kue-kue yang terlalu manis, minuman bersoda/kaleng, garam berlebihan, pemanis dan penyedap buatan. Seimbangkan juga dengan rutin berolahraga dan istirahat yang teratur. Salam sehat. (Samantha)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY