Sehat Bersama Kafein

0
877

KAFEIN…. Pertama kali Anda mendengar kata ini apa yang terlintas di pikiran Anda? Kopi? Teh? Cokelat? Ya, semuanya betul. Ketiganya mengandung kafein dengan kadar yang berbeda. Kafein sering kali diidentikkan dengan kopi dan berguna untuk menghilangkan rasa kantuk, terutama saat orang ingin bergadang atau sedang kurang tidur.

Tapi, apakah kafein itu sehat? Atau malah justru berbahaya? Banyak hal yang sebenarnya jarang diketahui oleh masyarakat di sekitar kita mengenai fakta dan mitos seputar kafein. Kali ini, akan dibahas manfaat kafein bagi tubuh kita.

Dalam beberapa jenis minuman, seperti teh dan kopi terkandung kafein yang merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%. Di dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan untuk meningkatkan produksi urin. Kafein dengan dosis rendah dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit, terutama sakit kepala karena kafein membuat pembuluh darah berdilatasi sehingga dapat memperlancar alirannya. Akibatnya, sakit kepala bisa berkurang.

Kafein bekerja di dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin (salah satu senyawa di sel otak yang bisa membuat orang cepat tertidur) dalam sel saraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin. Kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi, dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra. Itulah sebabnya, berbagai jenis minuman pembangkit stamina pada umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.

Konsultasi Kesehatan 08 - Sasa - Sehat bersama Kafein - ft01 - Coffee-and-Tea (genechanger.com)Sebuah studi lain membuktikan bahwa kita bisa mendapatkan antioksidan dari kafein untuk menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul perusak DNA. Selain itu, kafein juga berfungsi memberikan sinyal pada otak untuk merespons lebih cepat dan mengolah memori lebih tangkas, sehingga mampu mempercepat daya pikir.

Percaya atau tidak, kafein mampu memberantas bakteri penyebab gigi berlubang dan mencegah gigi berlubang. Dengan mengonsumsi kopi pekat atau black tea, kafein juga dapat mengurangi derita sakit kepala. Bahkan, kafein dapat melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan tenggorokan dengan paru-paru.

Nah, sebuah studi terhadap tikus percobaan membuktikan bahwa kafein bisa meningkatkan gairah seks perempuan. Dan info buat yang sedang diet, kafein dapat membantu diet. Penjelasan ilmiahnya adalah karena kafein merupakan zat alami yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk memecah lemak. Tapi tentu saja, kedua hal ini tidak akan berlaku bagi mereka yang sudah addict terhadap kafein.

Bayangkan, cukup satu atau dua cangkir kopi sehari sudah bermanfaat. Jika tidak suka kopi, Anda bisa coba teh hitam. Paling baik kopi diminum pada pagi hari untuk menjaga stamina tubuh. Perlu diingat ya… jika berlebihan maka tidak dapat menimbulkan efek yang positif; yang timbul justru sebaliknya. Samantha

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY