Bersahabat dengan Jantung

0
837

“ADUH kok dadaku sakit ya?”

“Sebelah mana yang sakit?”

“Sebelah kiri rasanya seperti tertekan dan rasanya juga sesak.”

“Jangan-jangan kamu jantungan, cepat periksa ke dokter!”

Pernahkah Anda mengalami situasi di atas? Memeriksakan diri ke dokter adalah langkah pertama yang paling tepat. Perlu Anda ketahui bahwa serangan jantung dapat menimpa siapa saja, usia berapa saja, dan di mana saja. Jadi, jangan kita anggap sepele dan berpikir hanya orang usia lanjut saja yang bisa terkena serangan jantung.

Kali ini, kita akan belajar trik-trik yang simpel untuk mencegah serangan jantung. Apa saja ciri-cirinya jika Anda mencurigai seseorang atau bahkan Anda sendiri menderita penyakit jantung? Sebenarnya, penyakit jantung pasti memiliki gejala sebelumnya. Akan tetapi, banyak orang yang tidak sadar dan malah menganggap seperti angin lalu.

Konsultasi Kesehatan 09 - Sasa - ft01 - obat-herbal-jantung-bengkak (3.bp.blogspot.com)
obat-herbal-jantung-bengkak (3.bp.blogspot.com)

Gejala-gejala yang paling umum adalah: sering sakit pada dada sebelah kiri, sakit kepala sebagian atau seluruhnya diikuti rasa sakit yang menjalar sampai pundak, merasa gelisah, keringat dingin pada malam hari, gangguan tidur, emosi menjadi tidak stabil, pandangan sering kabur ketika sakitnya timbul. Gejala lain yang tidak pasti adalah tangan yang sering berkeringat. Tanda ini tidak selalu valid karena tangan yang berkeringat bisa juga ditimbulkan oleh faktor lain, seperti hormonal.

Ketika Anda mengalami gejala-gejala di atas, jangan dianggap sepele dan segera periksakan diri Anda. Dan jika Anda mengalami atau Anda melihat orang di sekitar Anda seperti itu maka Anda harus mencegah jangan sampai orang yang terkena serangan terjatuh atau pingsan. Dalam keadaan darurat, Anda harus segera ke rumah sakit dan dalam perjalanan anda bisa menekan ibu jari pasien kuat-kuat untuk menjaganya tetap sadar. Usahakan sebelum menerima penanganan, pasien tetap terjaga.

Mengapa seseorang bisa terkena serangan jantung? Penyakit jantung paling umum adalah jantung koroner, yaitu penyumbatan akibat plak lemak atau kapur pada pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner ini berada pada sekeliling jantung dan merupakan bagian yang menutrisi jantung. Alhasil, jika pembuluh darah ini tersumbat akan menimbulkan serangan jantung. Faktor utama seseorang bisa terkena penyakit jantung adalah pola gaya hidup yang tidak sehat. Makan makanan penuh lemak, banyak konsumsi gula, kurang serat, kurang air, dan pola tidur yang kacau, serta tidak pernah berolah raga.

beetroot (theplantedpalate.com)
beetroot (theplantedpalate.com)

Faktor lainnya adalah karena keturunan, usia lanjut, dan kelainan jantung bawaan (sejak lahir). Maka, untuk mencegah serangan jantung yang paling utama adalah pola hidup yang sehat.

Siapa sajakah yang berisiko? Jawabannya adalah semua orang berisiko! Sudah dikatakan sebelumnya bahwa faktor utama penyakit jantung adalah gaya hidup. Jadi, kita harus memulai dan mengubahnya menjadi gaya hidup yang sehat.

Apakah orang usia muda bisa terkena serangan jantung? Jawabannya adalah sangat bisa dan mungkin. Jika seseorang sudah memiliki kelainan jantung bawaan maka tidak menutup kemungkinan bahwa ia bisa mengalami serangan pada usia muda. Gaya hidup yang tidak bersahabat pun sangat mempengaruhi, seperti sering mengonsumsi alkohol, lemak, dan gula.

Konsumsilah lebih banyak buah dan sayur untuk mencegahnya. Yang dianjurkan adalah lemon, stroberi, brokoli, bayam, beetroot, tomat, buah naga, dan alpukat. Mulailah sayangi jantung Anda sekarang.

Samantha

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY