Santa Elisabeth – Awal dari Kisah Penyelamatan

0
1839

DIALAH Elisabeth yang dikunjungi Santa Maria setelah menerima kabar gembira dari Malaikat Gabriel. Dia juga orang pertama yang menyebut Maria sebagai Bunda Allah dan membalas salam dari Bunda Allah. Salam Elisabeth menjadi dasar dari doa Salam Maria.

Elisabeth adalah istri Zakaria. Mereka hidup pada masa pemerintahan Herodes dan tinggal di Yudea. Di hadapan Tuhan, mereka hidup saleh dan benar tanpa cela menghayati dan melaksanakan Hukum Musa. Tetapi, mereka tidak kunjung dikaruniai anak hingga lanjut usia.

Kala itu, menurut sudut pandang Yahudi, hal ini merupakan aib bagi mereka. Suatu hari Zakaria yang merupakan seorang imam yang bekerja di Bait Allah mendapat penampakan Malaikat Gabriel. Dia memberitahukan bahwa Tuhan akan mengaruniakan anak laki-laki yang akan dinamai Yohanes. Banyak orang akan bersukacita atas kelahirannya. Zakharia tidak percaya karena Elisabeth dan dirinya sudah lanjut usia. Karena itu, ia menjadi bisu sampai anaknya lahir.

Aksi Elisabeth juga diungkit ketika Maria mengunjunginya. Ketika ia memberi salam kepada Ibu Yesus, melonjaklah Yohanes yang berada di dalam rahimnya. Lalu, Elisabeth dengan penuh Roh Kudus berseru, “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai Ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang ada di dalam rahimku melonjak kegirangan. Dan berbahagialah ia yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan akan terlaksana” (Luk. 1:39-45; 56).

Kisah hidupnya tidak dapat dilacak karena wanita saleh ini bersembunyi dengan Yohanes sejak Herodes melakukan pembantaian semua anak laki-laki yang ada di Bethlehem.

Elisabeth adalah salah seorang wanita yang mendapat karunia dari Allah Tuhan kita. Ia menjadi panutan wanita yang saleh dan benar, menghayati dan melaksanakan Hukum Musa. Ia juga menjadi awal dari kisah hidup, sengsara Yesus Tuhan kita.

Nila Pinzie, dari berbagai sumber

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY