Mari Beraktivitas Fisik

0
278

PENYAKIT yang menyebabkan kematian nomor satu di dunia adalah sakit jantung dan nomor lima adalah stroke. Tentu mengerikan. Tetapi, ada cara mudah untuk menurunkan risiko kedua penyakit itu. Caranya, dengan olah raga!

“Tapi, saya tidak punya waktu.” Itu adalah alasan yang paling banyak diberikan oleh kita semua. Waktu! Sepertinya alasan klasik ini tidak lagi masuk akal. Menurut American Hearth Associasion (AHA), kita hanya butuh waktu olah raga selama 150 menit dalam seminggu. Dengan kata lain, 30 menit selama lima hari dalam seminggu.

Jika dirasakan waktu 30 menit tidak tersedia maka dapat dibagi menjadi dua atau tiga segmen sehari; masing-masing selama 10 sampai 15 menit. Dengan melakukan kegiatan olah raga moderate maka kesehatan jantung secara umum dapat dipertahankan.

Yang termasuk dalam olah raga moderate adalah jalan cepat, menari, berkebun, pekerjaan rumah tangga seperti menyapu dan mengepel lantai, bermain dengan anak-anak, mengajak jalan binatang peliharaan, membawa barang kurang dari 20 kg, bersepeda ringan, badminton, dan tenis ganda. Ada banyak pilihan untuk berolah raga dalam sehari.

Tetapi, jika ingin menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol harus ada hal lebih yang dilakukan. Direkomendasikan untuk berolah raga selama 40 menit tiga sampai empat kali seminggu. Olah raga yang dilakukan juga berbeda, harus masuk ke kelompok olah raga yang lebih bersemangat dari kelompok moderate. Contoh olah raga yang dimaksud adalah jogging, bersepeda cepat, membawa beban lebih dari 20 kg, bola basket, sepak bola, tenis single, hiking, dan berenang cepat.

Di akhir rekomendasi, AHA menganjurkan bahwa lebih baik melakukan sesuatu daripada tidak sama sekali. Jadi, jika dirasakan tidak mungkin melakukan hal-hal di atas, lebih baik melakukan hal kecil daripada tidak sama sekali.

Apa saja contoh kegiatan fisik yang tidak termasuk olah raga, tetapi menyehatkan? Di antaranya, aktivitas rumah tangga. Sayangnya, hal ini lebih banyak dilakukan oleh asisten rumah tangga. Barangkali baik jika sesekali pekerjaan mereka diambil alih. Para pria dapat juga mencuci mobil sendiri. Lumayan juga kalori yang terbakar dapat mencapai 216 kalori untuk 40 menit mencuci mobil. Yang juga mudah dilakukan adalah berjalan di pusat perbelanjaan atau parkir mobil Anda agak jauh dari gedung tempat kerja atau gedung pusat perbelanjaan.

Semua aktivitas fisik di atas jika dilakukan dengan rutin dan hati-hati tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Kecuali jalan-jalan di pusat perbelanjaan yang bisa berefek samping terhadap dompet Anda.

(sumber: AHA, WHO, Harvard, Intisari)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY