Pendidikan Vokasi Siap Kerja

0
217

MEMASUKI dunia kerja merupakan harapan sekaligus tantangan bagi semua orang yang baru menyelesaikan jenjang pendidikan baik akademik (sarjana, magister, dan doktor), spesialis/profesi, dan pendidikan vokasi (diploma).

Ternyata, banyak dari kita tidak mengetahui tentang dunia pendidikan di Indonesia menurut UU No. 20 tahun 2003, yakni tentang Pendidikan Nasional seperti disebutkan di atas. Pendidikan vokasi adalah sistem pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Pendidikan vokasi mencakup program Diploma I sd IV.

Dunia kerja merupakan tempat dimulainya karya nyata dari hasil pendidikan seseorang.

Dunia industri sangat beragam, penuh tantangan dan harapan. Oleh karena itu, diperlukan suatu pendekatan terintegrasi link and match sehingga ada kesinambungan dan kesiapan para pekerja yang tentunya sudah dipersiapkan pada jenjang pendidikan.

Dunia industri sangat mengharapkan tenaga kerja siap pakai. Sudah siapkah kita?

Pertanyaan yang mudah, namun kita sadari sangat sulit dalam keseharian kita. Jenjang vokasi sepertinya tidak pernah terlirik oleh kita.

Pikiran umum kita semua biasanya kita harus menjadi sarjana. Dan dunia vokasi merupakan pilihan paling-paling terakhir dan bukan menjadi pilihan utama. Alternatif jalan keluar sangat menarik bagi kita. Perkembangan dunia usaha yang sangat pesat membutuhkan tenaga-tenaga terlatih dan terlampir. Jawabannya, pekerja yang siap tentunya mereka yang mengikuti jenjang vokasi.

Pada umumnya jenjang ini dipersiapkan agar mereka siap pakai dan terlatih dalam suatu keahlian khusus, seperti kejuruan kepariwisataan, kejuruan teknik, dan lainnya.

Masalahnya, apa menariknya bagi kaum muda pada era teknologi dewasa ini? Mungkin kurang, bahkan tidak menarik. Jika kita kaji ulang dengan perkembangan industri dewasa ini; justru keahlian bidang tertentu sangat dibutuhkan bahkan bisa menjadi tumpuan hidup pada masa depan. Kini, saatnya untuk memilih jenjang vokasi sebagai tempat yang menjanjikan masa depan. Mari kita gelorakan semangat Ayo Kerja sebagai alternatif pilihan selain Ayo Kuliah.

Selamat mengembara dalam dunia vokasi demi masa depan yang cerah!

Mursosan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY