Seputar Hipnoterapi

0
188

HIPNOTERAPI adalah suatu jenis terapi psikis/mental yang memanfaatkan kondisi hipnosis pada pikiran manusia. Kondisi hipnosis sendiri tidak seperti yang dipersepsikan melalui tayangan acara hiburan di TV ataupun berita kriminalitas di media. Sebaliknya, kondisi hipnosis adalah kondisi yang alami atau natural pada manusia, yang sering terjadi sehari-hari.

Pernahkah Anda merasa terharu pada saat menonton sebuah film ataupun membaca kisah dalam novel (padahal Anda pasti tahu bahwa film adalah karya fiktif)? Atau Anda begitu fokus pada suatu tontonan TV sampai mengacuhkan panggilan seseorang?

Tes terakhir: Coba anda sebutkan satu merk air mineral sekarang! … hampir 99% orang Indonesia akan menyebutkan merk yang satu itu! Betul ‘kan? Itu contoh bahwa Anda semua sudah pernah mengalami kondisi hipnosis.

Menurut definisi dari US Department of Education, hipnosis adalah suatu kondisi tertembusnya faktor kritis pikiran seseorang dan diterimanya suatu konsep atau ide (dalam bentuk sugesti) ke dalam pikiran bawah sadarnya. Pikiran Bawah Sadar (PBS) bisa digambarkan sebagai bagian pikiran manusia yang mengatur mengenai emosi, refleks, kebiasaan, keyakinan, dan nilai-nilai/prinsip hidupnya. Bagian ini biasanya bersifat spontan, tidak direncanakan, dan dibentuk dari hasil pembelajaran hidup sejak masa paling awal.

PBS juga berfungsi sebagai pusat penyimpanan memori jangka panjang, yang secara sadar bahkan sudah terlupakan. Dalam keadaan hipnosis, bagian pikiran sadar (nalar) seseorang cenderung menjadi tidak aktif/waspada sehingga membuat seseorang lebih mudah menerima suatu konsep/ide pada PBS-nya.

Hipnosis yang digunakan untuk tujuan klinis disebut hipnoterapi. Tidak seperti yang dikira banyak orang, hipnosis tidak sama dengan tidur (apakah Anda tidur saat menonton film yang mengharukan?). Subjek tetap dalam keadaan sadar dan hanya bisa dilakukan dengan kemauan dan  kerjasama ybs. Subjek tidak bisa dijebak atau dipaksa untuk menerima suatu perubahan yang tidak diinginkan dan tidak mungkin bisa dipaksa untuk mengaku atau membuka suatu rahasia.

Penggunaan hipnoterapi sangat luas, antara lain  psikosomatis (sakit fisik yang disebabkan oleh psikis), fobia/trauma, pengembangan diri, gangguan mental tertentu, perilaku, dan kebiasaan (ketergantungan, dll), hypnoslimming, hypnobirthing (melahirkan dengan nyaman), dan hypnoparenting (aplikasi hipnosis dalam teknik parenting).

 

Melanggar Agama?

Hipnoterapi adalah salah satu teknik terapi yang memanfaatkan kondisi hipnosis, suatu kondisi natural pada manusia yang bisa diukur dengan EEG (alat pengukur gelombang otak), suatu proses yang sangat ilmiah.

Dalam perkembangannya, hipnoterapi sudah diakui sebagai salah satu teknik terapi oleh British Medical Association (1955), American Medical Association (1958), dan American Psychological Association (1960). Oleh karenanya hipnoterapi merupakan sesuatu yang scientific dan sama sekali tidak berhubungan dengan supranatural.

Pada 1956, Paus Pius XII menyetujui penggunaan hipnosis dalam pengobatan selama dilakukan oleh secara bertanggung jawab oleh profesional yang memang menguasainya. 

Henry Sutjipto, CHt.

Hipnoterapis & konselor dari Akademi Hipnoterapi Indonesia-Jakarta & Center for Hypnotherapy Oakland-California, pendiri Klinik Hipnoterapi Keluarga (hipnoterapikeluarga.com) yang berlokasi di Permata Buana sejak 2009, aktif sebagai pembawa seminar, pengajar, narasumber berbagai media nasional, warga Lingkungan St. Lucia 1 Paroki Sathora.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY