Cermin Keterlibatan Pengurus

0
109

Ridwan Dharmali, Wakil Ketua DPH 2017-2020

SECARA umum, Ridwan Dharmali melihat proses regenerasi kepengurusan Dewan Paroki Sathora (DPH inti dan pleno) saat ini telah berjalan dengan baik.

Menurut Ridwan, hal ini bisa dilihat saat Proses Pembekalan DP Pleno; lumayan banyak pengurus baru yang hadir/terpilih. Dalam diskusi juga tercermin pengetahuan dan keterlibatan para pengurus dalam persoalan umat sehari hari.

Dari sisi proses pemilihannya, regenerasi juga berangkat dari umat/anggota komunitas. Misalnya, para ketua lingkungan diusulkan umat setelah mendapatkan masukan baik dari kalangan umat maupun dari pengurus lingkungan. Demikian juga proses pemilihan juga melibatkan masukan para anggota pengurus.

Berikut ini petikan wawancara dengan Ridwan:

 

Apa harapan Anda untuk kemajuan Sathora khususnya dan Gereja Katolik pada umumnya?

Gereja Katolik khususnya Sathora dengan berbagai perangkat dan program kegiatannya hendaknya bisa bersinergi menjadi sarana pertumbuhan iman umat yang berpusat pada Kristus. Hal ini tercermin dalam kehidupan sehari-hari umat di dalam keluarga dan masyarakat.

 (Catatan: pertanyaan berikut ini, barangkali lebih tepatnya mewakili semua anggota DP Pleno dan bersama  umat paroki dari sisi partisipasi. Saya melihat semua jawaban atas pertanyaan berikut ini mewakili sinergi dan partisipasi para stakeholder yang terlibat).

 

Melihat keterpilihan wakil umat di dalam DP Pleno, apa yang dilakukan agar mereka memiliki semangat pelayanan?

Semangat pelayanan muncul dari dalam diri seseorang berdasarkan pergumulan dan pengalaman rohani masing-masing dengan mendapat inspirasi/dorongan Roh Kudus. Berbagai aktivitas/program kerja yang dilaksanakan oleh DP Pleno, baik di Lingkungan, Seksi, dan Kategorial, diharapkan akan menjadi sarana pertumbuhan iman bagi wakil umat. Namun, hal ini tentu tidak lepas dari partisipasi wakil umat yang bersangkutan.

Karena itu, DP Pleno akan bergerak bersama-sama menyiapkan berbagai program kerja dan bersama berbagai komunitas umat, diharapkan akan membangun pertumbuhan iman umat (termasuk wakil umat) yang berpusat pada Kristus dan memiliki semangat pelayanan melalui keterlibatan dalam membangun persaudaraan sejati dan berbela rasa terhadap sesama.

 

 

Apa yang akan dicapai dalam kepengurusan DP saat ini (bersama dengan Ketua DP dan Tim DPH)?

DP Pleno mendapatkan arahan yang tercermin pada ARDAS KAJ. Setiap anggota DP Pleno tentu memiliki fungsi spesifik masing masing. Namun, untuk arah pertumbuhan yang akan dicapai, kita telah mendapatkan masukan arahan melalui ARDAS KAJ, di mana Dewan Karya Pastoral KAJ memberikan masukan untuk berbagai sasaran prioritas yang ingin dicapai setiap tahun.

 

Tahapan/langkah apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut?

Di paroki kita, ada proses/tahapan persiapan program kerja. Biasanya DP Pleno akan mendapat masukan dan arahan mengenai sasaran prioritas yang akan dicapai. Selain itu, masing masing anggota DP Pleno (Seksi/Lingkungan/Kategorial, bersama anggotanya masing-masing) akan melakukan analisa internal untuk menyusun program kerja, baik berupa program kerja untuk mendukung fungsi spesifik masing masing maupun program kerja yang mendapatkan inspirasi/arahan Sasaran Prioritas ARDAS KAJ.

Jadi, akan ada program kerja spesifik masing masing DP Pleno dan ada program kerja yang disusun sebagai hasil kolaborasi beberapa anggota DP Pleno. Semua itu akan dituangkan dalam proposal dan budget masing-masing untuk selanjutnya masuk dalam tahap-tahap proses approval yang telah ditetapkan oleh pimpinan paroki.

Untuk memastikan tercapainya sasaran dalam program kerja diperlukan kerjasama antara anggota DP Pleno ybs serta mendapatkan monitoring dan arahan dari masing masing DPH Pendamping.

Berto

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY