Kiat Menjadi Karyawan Sukses

0
17

APA yang menjadi standar kesuksesan bagi Anda? Pernahkah Anda menanyakan hal ini kepada diri sendiri?

Pada dasarnya standar kesuksesan orang berbeda-beda. Sebagian besar orang akan berpendapat bahwa kesuksesan haruslah berkaitan dengan sejumlah materi yang dimilikinya. Sebagian orang akan menempatkan jabatan sebagai hal yang mewakilkan kesuksesannya. Di sisi lain, ada orang yang bahkan tidak memiliki sebuah gambaran kesuksesan yang akan diraihnya. Lalu, bagaimana dengan Anda? Apa kriteria yang Anda tetapkan mengenai sukses?

Sukses dapat diraih oleh semua orang. Kesuksesan bukan hanya milik pebisnis, pedagang ataupun pengusaha saja. Karyawan atau pekerja kantoran juga berpeluang besar meraih kesuksesan melalui pekerjaannya.

Setiap karyawan pasti ingin sukses dalam pekerjaannya. Jika berhasil dalam pekerjaan, tentu karir akan semakin baik dan bagus. Ada banyak cara dalam membangun perjalanan menuju kesuksesan yang Anda inginkan dalam hidup ini. Namun, untuk mencapai itu semuanya, dibutuhkan kerja keras dan usaha yang maksimal.

Pastikan Anda memiliki beberapa kriteria di bawah ini yang akan mengantarkan Anda menjadi karyawan sukses:

1. Passion

Ya, sukses itu berawal dari passion atau gairah. Pastikan Anda bekerja di bidang yang memang menjadi minat Anda. Jika kita bekerja di bidang yang memang kita minati maka kita akan bersemangat. Jika kita bersemangat, aura positif pun akan dipancarkan. Nah, dari sanalah kita akan sangat bagus melakukan pekerjaan. Hasilnya, produktivitas meningkat dan karier bisa jadi lebih baik. Jangan jadikan pekerjaan sebagai beban, sehingga Anda akan selalu senang dan ingin melakukannya dengan sebaik-baiknya.

2. Disiplin

Disiplin dalam bekerja lebih pada sifat konsisten Anda dalam mencapai target dan bekerja sesuai dengan harapan perusahaan. Semua orang sukses menerapkan disiplin tidak hanya saat mereka bekerja, tapi mereka mampu menerapkan disiplin dalam setiap aspek kehidupannya. Bekerjalah ketika waktunya bekerja, bersenang-senanglah ketika waktunya bermain – ini adalah peraturan dasar kedisiplinan diri.

3. Bangun kualitas kerja yang maksimal dan jangan takut gagal

Fakta bahwa setiap perusahaan selalu menginginkan yang terbaik. Anda harus mengetahui hal tersebut dengan jelas. Semua perusahaan menginginkan imbalan yang sepadan atas apa yang telah mereka bayarkan, sebab tak seorangpun mau rugi bukan? Pastikan Anda memiliki kualitas terbaik di dalam diri Anda, sehingga perusahaan akan sangat merasa rugi jika tidak mempekerjakan Anda di sana. Jangan pernah takut gagal karena kegagalan adalah harga yang harus dibayar untuk mencapai keberhasilan. Jadi kalau gagal, jangan ragu untuk bangkit dan mencoba lagi.

4. Jujur

Ya, jujur adalah mata uang yang berlaku di mana saja. Tanpa kejujuran, jangan harap Anda bisa sukses dalam karier. Jujur dan setia kepada yang benar adalah prinsip yang tidak boleh tidak dilakukan, apa pun pekerjaan Anda. Jadi, pastikan Anda bekerja dengan jujur ya

5. Miliki Kepribadian yang Menyenangkan

 Sikap menyenangkan ini akan membantu Anda untuk lebih mudah dalam menemukan ataupun menciptakan dunia kerja yang nyaman dan selalu menyenangkan. Kepribadian yang menyenangkan bisa dimiliki dengan berbekal beberapa hal seperti di bawah ini:

– Etika yang baik

Jangan pernah menyepelekan masalah etika di dalam bekerja. Hal ini merupakan identitas pertama Anda yang akan diingat oleh orang-orang di lingkungan kerja. Orang yang memiliki etika baik, akan lebih mudah membawa diri dan membangun relasi di lingkungan kerja mereka. Biasakan untuk bersifat sopan, hormat, rendah hati, dan peduli kepada semua orang yang ada di lingkungan kerja. Belajarlah untuk membangun sikap baik di manapun Anda berada, di kantor maupun di luar kantor. 

– Bersikap positif dan tenang

Ada banyak hal yang akan Anda temui di tempat kerja, bahkan hal yang sering kali tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Bersikaplah positif terhadap berbagai hal dan masalah yang akan Anda hadapi di kantor. Jangan memberikan reaksi berlebihan terhadap apa pun yang terjadi di sekitar Anda. Akan sangat baik jika Anda memiliki sikap yang tenang dan bijak dalam menghadapi berbagai hal.

– Rendah hati dan mau belajar

Tidak ada manusia yang sempurna hidup di dunia ini. Kita tidak akan menguasai semua hal. Jangan pernah malu bertanya hanya karena kita tidak mengetahui sesuatu. Di sisi lain, ketika Anda lebih menguasai suatu bidang, jangan malas untuk membantu mereka yang belum menguasainya. Ilmu harus dibagi agar tidak mati dan Anda bisa berbagi hal tersebut dengan rendah hati. Sikap rendah hati dan mau belajar untuk meningkatkan ilmu akan mempermudah Anda menuju kesuksesan di tempat kerja.

6. Pandai menempatkan diri

Jelilah dalam melihat kesempatan yang bisa digunakan untuk menunjukkan kemampuan diri Anda di hadapan atasan. Sebelum melakukannya, ada baiknya kenali dahulu dan mengerti dengan baik sikap dan kepribadian atasan Anda. Tujuannya, agar Anda dengan mudah menemukan cara yang paling tepat untuk menunjukkan kemampuan dan kelebihan diri Anda. Ingat, lakukan hal ini dengan cara yang elegan. Artinya, bukan dengan cara-cara yang murahan, seperti menggosip, melakukan akting yang berlebihan, bahkan menunjukkan kemampuan secara terang-terangan. Tindakan seperti ini hanya akan membuat Anda tampak konyol dan bersikap berlebihan.

Nah, itu beberapa tips supaya Anda dapat meraih kesuksesan sebagai karyawan. Selain beberapa tips di atas, yang tidak kalah penting adalah berdoa. Doa yang membuat segala daya upaya dalam bekerja menjadi lebih sempurna dan kita persembahkan segala kesuksesan kita untuk Tuhan. Good Luck!

 

Success is liking yourself, liking what you do, and liking how you do it  

Maya Angelou

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY