Rumah Hidroponik Cempaka

0
73

SEKSI Pendidikan bekerjasama dengan Seksi PSE Sathora menawarkan Program Pelatihan Hidroponik bagi keluarga peserta Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK) pada akhir Maret 2017.

Seksi Pendidikan bertugas menjaring peserta.Sementara Seksi PSE memberi pelatihan, pendampingan, dan pembiayaan hidroponik bagi kelompok-kelompok keluarga peserta ASAK. 

Tujuannya agar keluarga peserta ASAK bisa menambah penghasilan lewat keterampilan hidroponik. Paling tidak, mereka bisa menambah supply sayuran untuk konsumsi keluarga.

 

Lingkungan Stefanus 5 dan 3 (tergabung menjadi satu kelompok) adalah salah satu dari tiga lingkungan yang menyambut baik program ini. Di tengah keterbatasan lahan, dengan izin dari PSE, akhirnya panitia meminjam tempat sekaligus mengajak RPTRA Cempaka berhidroponik.

Gayung bersambut…  RPTRA dan Pak Lurah Rawa Buaya mengapresiasi ajakan tersebut. Jadilah mereka berhidroponik di RPTRA Cempaka, yang letaknya berdekatan dengan Lingkungan Stefanus 5. 

Usaha bersama penanaman hidroponik tersebut dinamakan Rumah Hidroponik Cempaka (RHC). 

Dari tujuan awal untuk keluarga ASAK, akhirnya panitia menggandeng beberapa umat non-ASAK dari Lingkungan Stefanus 5 dan 3, pengelola RPTRA dan forum anak (anak-anak binaan RPTRA), serta beberapa warga sekitar RPTRA.

Dengan usaha ini, diharapkan umat semakin terlibat dalam kegiatan masyarakat setempat.

 

Dengan dukungan PSE, mulailah unit di RHC ini dibuat. Pada 3 Oktober 2017 berlangsung pelatihan oleh Yudha dari PSE, dengan menyemai kangkung dan bayam merah. 

Sejak itu, panitia terus berkoordinasi dengan Yudha untuk mendapatkan hasil terbaik. Hasilnya, RHC sudah tiga kali panen pada 5 November,19 November, dan 10 Desember 2017. Di samping panen yang berlimpah, persaudaraan antara warga Lingkungan Stefanus 5 dan 3, PSE, serta RPTRA, Kelurahan Rawabuaya, dan warga sekitar semakin erat. Kadang mereka malah serasa jadi pengelola RPTRA karena hampir tiap hari mengurus tanaman hidroponik.

Keterampilan hidroponik terbukti bisa membantu sesama dan mempererat hubungan umat Sathora dan warga sekitar.

Novi + Ester

Foto-foto selengkapnya di Facebook Paroki Sathora

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY