Langkah Sederhana untuk Kesehatan Wanita

0
256

KOK cuma wanita? Karena langkah sederhana yang dimaksud adalah pemeriksaan pap smear. Apa pula itu pemeriksaan pap smear? Pemeriksaan pap smear adalah pengambilan sample sel dari leher rahim, lalu diperiksa di bawah mikroskop untuk mengenali sel apa saja yang terdapat di leher rahim.

Nah, jadi sekarang jelas bahwa yang diperiksa adalah leher rahim atau cervix. Karena yang memiliki cervix atau rahim hanya wanita maka pemeriksaan ini hanya untuk wanita.

Mengapa dikatakan sederhana?

Dikatakan sederhana karena pemeriksaan pap smear tidak memerlukan persiapan khusus. Persiapan sederhana sebelum pemeriksaan pap smear adalah tidak berhubungan seks tiga hari sebelumnya dan pemeriksaan tidak dilakukan saat menstruasi atau saat hamil. Jadi, tidak perlu ada puasa makan atau tindakan khusus lainnya.

Selain itu, pemeriksaan ini sangat cepat. Hanya butuh waktu kurang dari lima menit. Walaupun untuk mendapatkan hasilnya membutuhkan waktu satu sampai dua minggu.

Bagaimana pemeriksaannya hingga bisa cepat sekali? Dengan bantuan alat untuk membuka vagina yang bernama spekulum, dokter atau bidan atau tenaga medis yang terlatih mengambil sample sel dari cervix. Tenaga medis mengambil sample sel cervix dengan menggunakan sepotong kayu yang dibentuk khusus untuk pap smear, namanya spatula.

Spatula diusapkan di sekitar cervix, lalu hasil usapan tersebut dipindahkan ke gelas kaca untuk diperiksa lebih lanjut di laboratorium. Di laboratorium, gelas kaca tersebut diberi zat warna.  Lalu, seorang dokter ahli patologi anatomi akan memeriksa sel dan benda lainnya yang terdapat di cervix tersebut di bawah mikroskop.

Apa saja yang bisa dilihat oleh dokter patologi anatomi? Pada pemeriksaan pap smear, seorang ahli patologi anatomi dapat menilai sel-sel yang terdapat pada cervix, bakteri yang hidup dan jamur yang tumbuh di cervix. Jamur seharusnya tidak terdapat dalam cervix, sehingga jika ditemukan jamur artinya ada hal yang tidak normal dan butuh pengobatan. Biasanya wanita dengan infeksi jamur juga merasakan keputihan.

Sedangkan bakteri yang hidup di cervix ada yang komensal dan ada pula yang patogen. Komensal berarti bakteri tersebut memang normal hidup di cervix, jadi tidak berbahaya. Sebaliknya, bakteri patogen adalah bakteri yang seharusnya tidak ada di cervix. Keberadaan bakteri patogen berarti suatu penyakit yang harus diobati.

Apa lagi yang bisa dinilai?  Penilaian terpenting adalah terhadap sel-sel cervix. Dengan melihat sel-sel yang ada, seorang ahli patologi anatomi dapat mendeteksi secara dini kanker leher rahim alias kanker cervix. Semakin awal ditemukan sel kanker dan semakin cepat diobati maka kemungkinan untuk sembuh semakin besar. Inilah hal penting untuk melakukan pap smear secara rutin.

Seberapa sering wanita memeriksakan pap smear? Bagi wanita yang masih subur, maksudnya masih mendapat menstruasi, pap smear sebaiknya dilakukan satu-dua tahun sekali. Sedangkan bagi wanita yang sudah menopause, pap smear dapat dilakukan tiga-empat tahun sekali.

Pap smear adalah sebuah langkah sederhana yang dapat memberikan deteksi dini terhadap penyakit yang mematikan. Karenanya jangan ragu untuk secara rutin memeriksakan diri.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY