Tips Berolahraga

0
101

BEROLAHRAGA merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan dalam menjaga kesehatan. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai program olahraga yang sehat dan aman:

  • Buatlah olahraga menjadi sebuah tantangan bagi Anda. Tantanglah diri Anda untuk bisa berolahraga secara teratur.
  • Sesuaikan bentuk olah raga dengan usia dan aktivitas Anda.Jangan terlalu memaksakan diri.
  • Jaga konsistensi Anda dalam berolahraga. Pada awal memulai olahraga, jangan terfokus pada seberapa keras Anda berolahraga, yang penting pada tahap ini adalah Anda berolahraga setiap hari.
  • Fokus pada tujuan Anda berolahraga, yaitu mendapatkanmanfaat kesehatan yang Anda ingin capai. Utamakan perilaku atau gaya hidup sehat yang Anda raih dengan berolahraga.
  • Ajak teman Anda berolahraga. Saling mendukung dan berolahraga bersama dapat memacu motivasi dan meningkatkan dorongan untuk terus berolahraga.
  • Nikmatilah olahraga yang Anda lakukan. Pastikan Anda memilih kegiatan olahraga yang Anda sukai dan yang mudah dilakukan.
  • Lakukan olahraga pada saat tubuh Anda terasa paling berenergi.
  • Carilah orang atau artikel yang dapat menginspirasi Anda berolahraga secara lebih baik dan lebih teratur.
  • Sabar menjalani program olahraga Anda. Jangan mudah menyerah! Tetaplah berolahraga dengan baik dan benar. Anda pasti akan mendapatkan hasil yang diharapkan

Pilihlah olahraga yang bisa meningkatkan kemampuan kapasitas kardiorespirasi Anda. Prinsip FITT (Frequency, Intensity, Time, Type) bisa Anda gunakan sebagai pedoman dalam melakukan latihan ini, yaitu:

 

 

Frequency (Frekuensi)

Definisinya adalah seberapa sering Anda sebaiknya melakukan olahraga. Sesuai dengan rekomendasi WHO, sebaiknya Anda melakukan latihan olahraga 3-5 kali seminggu.

Intensity (Intensitas)

Definisinya adalah seberapa keras Anda melakukan latihan olahraga. Indikatornya adalah denyut nadi Anda. Capailah target denyut nadi 60%-80% denyut nadi maksimum. Denyut nadi maksimum diperoleh dengan rumus 220 dikurangi umur Anda.

Time (Waktu)

Definisinya adalah seberapa lama Anda sebaiknya melakukan latihan olahraga setiap kali. Sebaiknya,Anda melakukan latihan olahraga 30-60 menit per kali dengan target 150 menit dalam setiap minggu.

 Tipe (Jenis)

Definisinya adalah jenis olahraga apa yang sebaiknya Anda lakukan.
Jenis olahraga yang direkomendasikan adalah jenis olahraga aerobic yang dapat mencapai dan mempertahankan target denyut nadi Anda sesuai target pada item intensitas,seperti jalan cepat, jogging, mendayung, berenang, bersepeda, dan dansa.

Selamat berolahraga yang sehat dan aman!

dr. Iwan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY