Seputar Hypnoslimming

0
52

T: Saya seorang ibu, 45 tahun, dengan berat badan berlebih, sangat gemuk untuk ukuran tinggi tubuh saya. Apakah benar hipnoterapi bisa membantu saya menurunkan dan menjaga berat badan?

M, Jakarta

 

J: Salam Ibu M. Ini pertanyaan yang paling favorit dari banyak ibu  yang  sering saya terima. Memang betul, hipnoterapi bisa diaplikasikan untuk membantu manajemen berat badan (bb) seseorang. Biasanya dikenal dengan istilah hypnoslimming.

Hal ini karena banyak sekali kasus kegemukan disebabkan oleh mindset seseorang terhadap kebiasaan yang berhubungan dengan makan atau makanan. Contohnya, kondisi stress eating, yaitu seseorang melampiaskan stres dengan makan lebih banyak.

 Ada lagi kasus kegemukan yang disebabkan oleh trauma ataupun keyakinan yang salah mengenai bentuk tubuh ataupun makanan. Misalnya, “Saya memang sudah dari sononya gendut. Tuh lihat saja ibu saya!” , “Tulang saya memang besar…”, “Saya paling tidak tahan deh kalau sudah ketemu kue cokelat…”, dll.

Lalu, biasanya orang yang ingin menurunkan bb-nya akan melakukan diet ketat dan sering kali memang berhasil menurunkan dengan cukup cepat sampai mencapai atau mendekati targetnya, dan kemudian… naik lagi dengan lebih cepat dan lebih dahsyat hingga melebihi bb-nya semula.

Mengapa hal ini terjadi?

Diet ketat sangat bertentangan dengan hukum pikiran manusia. Manusia pada dasarnya selalu mencari kebahagiaan. Sedangkan diet menimbulkan penderitaan, perasaan tersiksa, dan kekesalan (apalagi kalau makan bersama orang-orang yang tidak diet).

Pada saat merasa menderita, manusia cenderung menyimpan suatu dendam yang akan dilampiaskan pada waktu yang dirasa tepat. Dalam kasus ini adalah waktu berhasil mencapai target penurunan bb. Kemudian siklus berulang lagi saat mencoba diet berikutnya. Alhasil, semakin memperkuat ikatan antara usaha menurunkan bb dengan rasa menderita. Akibatnya,  setiap kali berpikir untuk menurunkan bb, orang tersebut langsung merasa negatif.

Hypnoslimming biasanya bertujuan beda; bukan seperti diet tapi untuk menimbulkan pandangan dan kebiasaan yang baru yang berhubungan dengan makan dan bergerak. Penurunan bb akan terjadi sebagai bonus. Demikian juga hasilnya akan bertahan secara jangka panjang akibat kebiasaan makan yang berbeda tersebut.

 Sedikit tips praktis untuk Ibu:

  • Makanlahsecukupnya,  tiga kali sehari atau  Kebiasaan ngemil di luar waktu makan biasanya paling mudah menumpuk sampah di tubuh.
  • Janganmenyiksa diri dengan diet makanan  Makanlah makanan yang  Anda suka. Yang lebih penting adalah mengatur jumlah dan frekuensinya dengan bijaksana.
  • Makandengan sadar dan Maksudnya, usahakan tidak makan sambil melakukan kegiatan yang lain, seperti menonton TV, membaca, dll. Sadari setiap suapan makanan yang masuk dengan bersyukur. Kunyahlah perlahan sambil menikmati rasanya sebelum menelannya.
  • Berhenti pada saatsudah merasa  Banyak orang lebih menghormati tempat sampahnya daripada perutnya sendiri, sehingga memilih membuang sampah makanan ke dalam perutnya dengan alasan “sayang…”
  • Lebihbanyak minum air putih dan bergerak secara  Kebanyakan orang gagal saat berusaha melakukan program olahraga yang terlalu muluk. Padahal aktivitas fisik bisa dilakukan dengan banyak cara lain. Anda bisa sengaja memarkir kendaraan jauh dari pintu masuk, sengaja memilih tangga daripada lift, bersepeda daripada naik motor, dll.

Masih merasa terlalu sulit?

Mungkin Anda memerlukan sesi hypnoslimming khusus di klinik untuk membantu kebiasaan baru tersebut tercapai dengan jauh lebih mudah. 

Inti hypnoslimming adalah membuat proses penurunan berat badan berjalan dengan menyenangkan, tetap sehat, dan bertahan lama.

SHARE
Previous articleAI di Depan Mata
Next articleHeart of Worship

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY